BLANTERVIO104

Fungsi Weld, Trim dan Intersect dalam CorelDraw

Fungsi Weld, Trim dan Intersect dalam CorelDraw
11/11/2018
Harian Fahrul - Weld, Trim dan Intersect merupakan kunci desain dari CorelDraw, Dengan menguasai ketiga menu tersebut, kita bisa memodifikasi atau mendesain sebuah bidang ke dalam bentuk apapun.

1. Weld 
Weld berfungsi untuk menggabungkan 2 atau beberapa bidang menjadi sebuah bidang tunggal.
Sebagai contoh, kita siapkan 2 buah bidang, seperti gambar di bawah ini.

Lingkaran dengan warna merah dan bintang dengan warna biru
2 buah bidang yang akan digabungkan

Kemudian satukan posisi keduanya sesuai dengan yang kita inginkan, jangan lupa pakai pick tool untuk menyeret (drag) bangun tersebut. seperti contoh di bawah ini :

Contoh gambar yang telah di satukan namun belum di modifikasi.
Setelah itu tandai semua bidang, bisa memakai Ctrl+A, atau di klik sambil menekan tombol shift untuk menentukan bidang mana saja yang akan di modifikasi (digabungkan), setelah ditandai, maka akan muncul opsi Weld, tinggal klik, kemudian akan terlihat hasilnya, kurang lebih seperti ini.

Fungsi Weld
Hasil Gambar menggunakan fungsi Weld
NB : Warna akan jadi 1 macam saja ketika fungsi Weld digunakan, sesuai dengan fungsinya, Weld ini adalah penggabungan, maka warna akan menjadi 1 macam saja.
2. Trim 
Trim ini digunakan untuk memotong bidang satu dengan bidang lainnya, dengan kata lain dan ketentuannya bidang yang terpotong adalah bidang yang posisinya di layer bawah bidang pemotong. Sebagai contoh bidangnya kita pakai lagi seperti di atas, dan posisikan bidang bertumpukan, lalu seleksi semua supaya menu trim tersebut muncul :

Seleksi bidang yang akan di "Trim"

Setelah di seleksi, maka akan mucul menu "Trim"
Setelah di klik maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :

Bidang terpotong menggunakan "Trim"
3. Intersect
Intersect merupakan menu dimana dengan memilih menu ini, akan membuat irisan (bidang baru) hasil perpotongan antara 2 bidang. begini langkahnya :

Penggabungan 2 bidang sebelum di "intersect"

Satukan bidang dan seleksi bidang yang akan di "intersect", contohnya seperti gambar di atas, kemudian jika sudah, klik menu intersect, dan geser bidang yang berada di atas layer, kemudian akan terlihat sebuah irisan baru, yang merupakan hasil dari intersect, kita bisa memberikan warna lain pada hasil "intersect" tadi.
2 Bidang dan 1 hasil bidang dari menu "intersect"

Share This Article :
Harian Fahrul

TAMBAHKAN KOMENTAR

Komentarlah dengan bijak !

Emoticon
6381017176242222621