BLANTERVIO104

Tools Dasar Belajar CorelDraw

Tools Dasar Belajar CorelDraw
11/07/2018
Harian Fahrul - Ada beberapa Tools yang harus di ketahui agar bisa CorelDraw, Menu inilah yang menjadi dasar pembelajaran CorelDraw

Pick Tools : Pick (memilih) , Tools (Alat-Alat) , Intinya Tools yang digunakan untuk memilih, di ibaratkan seperti tangan, tools ini digunakan untuk meilih objek, kemudian menggeser bidang, memutar bidang dan resize bidang.


--> Untuk Memilih Objek
Objek yang akan dipilih akan menunjukan tampilan frame seperti gambar disamping ini .

Memilih Objek dengan Pick Tool
--> Untuk Menggeser bidang
Jika ingin menggeser bidang, maka cukup tempatkan arah kursor pada bagian tengah dari bidang tersebut, tekan dan tahan, drag ke posisi yang diinginkan, 

--> Untuk memutar bidang
Pick tool ini dapat anda gunakan untuk memutar bidang yang anda inginkan, cukup dengan klik 2x pada bagian central bagian bidang, maka akan bisa berputar ke arahj kiri maupun kanan, di tandai dengan seperti ini :

Memutar bidang dengan pick tools

--> Memperesar dan memperkecil bidang

Memperbesar dan memperkecil bidang

Selain Pick Tools, ada juga yang di sebut shape tool, shape tool ini adalah alat yang fungsinya sebagai pembentuk, contoh sebuah persegi yang bisa d bentuk sudutnya jadi melengkung, seperti contoh dibawah ini :

Contoh dari shape tool, asal bidang (persegi panjang) dan hasil dari shape
--> Kemudian dikenal juga dengan Envelope, fungsi ini kebanyakan digunakan untuk desain kartun. Untuk menggunakan fungsi envelope ini cukup klik bidang yang akan anda ubah, lalu pilih blend lalu pilih envelope.

Fungsi dari Envelope
--> Mendesain Bidang
Untuk desain bidang, sebetulnya telah tersedia seperti ellipse, kemudian Star, Polygon, dan lain-lain. semua ini sudah tersedia dalam Toolbox sebelah kiri, anda tinggal pilih. Kemudian bidang seperti bintang, atau poligon ini bisa kita modifikasi dengan menu tambahan, seperti halnya poligon segi 5, maka kita bisa mengatur jumlah sisinya pada menu yang telah disediakan


Polygon segi 6
--> Memanfaatkan Mirror
Menu mirror akan sering anda gunakan ketika mendesain pada Coreldraw. Penggunaan mirror ini sangat mudah, ketika anda pilih bidang atau desain, anda cukup klik pada menu atas yang muncul ikon menu mirror horizontal/vertical. Anda bisa pilih salah satu atau keduanya.
Menu Mirror Vertical dan Horizontal

Bidang Berputar sesuai dengan Mirror yang dipilih










Share This Article :
Harian Fahrul

TAMBAHKAN KOMENTAR

Komentarlah dengan bijak !

Emoticon
6381017176242222621